Kurangi Kecelakaan Sepeda Motor, Begini Cara Membuka Pintu Mobil yang mana Benar

JAKARTA – Angka tindakan hukum kecelakaan sepeda gowes motor ternyata sebagian besar diakibatkan oleh pengemudi mobil yang membuka pintu sembarangan.

Melalui akun Instagram @tmcpoldametro, kepolisian membagikan cara yang mana benar untuk membuka pintu mobil. Dalam video yang tersebut diunggah, diperlihatkan kumpulan kecelakaan akibat pengemudi membuka pintu mobil sembarangan.

“Sederhana tapi bisa saja bikin pemukim lain celaka: Buka pintu mobil sembarangan! Pastikan bukan ada kendaraan yang tersebut sedang melintas sewaktu kamu membuka pintu mobil ya Sobat! Karena sejatinya, mengakses pintu mobil mirip-mirip kayak mengungkap pintu hati. Kalo nggak hati-hati, dapat celaka!,” bunyi keterangan pada unggahan video yang dimaksud dilansir, Awal Minggu (13/5/2024).

Dalam unggahan video tersebut, manusia pelaku memberikan cara membuka pintu mobil yang dimaksud benar. Hal yang disebutkan diwujudkan mulai dari memberhentikan mobil, hingga akan mengundurkan diri dari dari mobil.

“Cara membuka pintu mobil yang mana benar. Melihat ke belakang kemudian samping mobil, apakah ada kendaraan yang digunakan melintas. Jika sepi, aman untuk menerbitkan pintu mobil, mengakses pintu juga hati-hati melangkah,” bunyi keterangan di unggahan video.

Dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas lalu Angkutan Jalan, kelalaian pengendara kendaraan bermotor yang tersebut menyebabkan kecelakaan sesudah itu lintas dapat dikenakan sanksi denda juga kurungan penjara.

Melihat video tersebut, berbagai warganet yang tersebut pernah mengalami hal mirip akibat pengemudi mobil yang sembarangan membuka pintu. Mereka merasa video edukasi ini sangat penting sebab masih banyak pendatang yang tersebut tak mempedulikan pengguna jalan lain.

“Manusia sejumlah gak bisa saja lihat spion baik motor maupun mobil. spion motor org lebih lanjut parah, spion menghadap ke bervariasi macam arah,” tulis warganet @ontedeu***.

“Saya pernah jadi orang yang terdampar nya dalam dekat lampu merah sebelum Taman Anggrek. Terus sy omelin warga nya yg membuka pintu sembarangan,” tulis @ellisa***.

“Yang simple kaya gini aja kadang suka disepelekan,” tulis @marsh***.

“Terimakasih berhadapan dengan share edukasinya. Memang agak laen warga konoha yg suka egois menerbitkan pintu mobil juga bukan bertanggung jawab sehingga berbagai penderita jatuh dan juga luka–iya kalau jatuh hati sih gpp, tapi ini jatuh ke aspal kemudian luka2,” tulis @pecinta.

Artikel ini disadur dari Kurangi Kecelakaan Sepeda Motor, Begini Cara Membuka Pintu Mobil yang Benar