Harga Tiket Mahal, Arya Sinulingga: Kalau Timnasnya Makin Kuat Butuh Pendanaan Besar!

Arya Sinulingga merespons persoalan polemik tiket Timnas Indonesi bertarung dengan Irak lalu Filipina pada putaran kedua Kualifikasi Piala Planet 2026 zona Asia, yang dimaksud dinilai mahal. Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI menuturkan bahwa tarif tiket itu dibutuhkan untuk keperluan Skuad Garuda.

Diketahui, biaya termurah tiket pertandingan Timnas Nusantara berhadapan dengan Irak dan juga Filipina sebesar Rp250 ribu. Angka ini naik sebesar Rp150 ribu jikalau dibandingkan harga jual tiket pertandingan Skuad Garuda pada pada waktu bersua dengan Vietnam pada 21 Maret 2024 sesudah itu (Rp100 ribu).

Kenaikan ini menuai membantah dari para penggemar Timnas Indonesia. Menjawab membantah itu, Arya mengungkapkan alasan di balik kenaikan tarif tiket mengikuti Timnas Indonesia.

Arya menjelaskan, tarif tiket yang dimaksud naik merupakan dampak dari keperluan Timnas Tanah Air yang mana semakin banyak. “Harga seperti sekarang ini. Kenapa? dikarenakan memang benar kalau timnasnya makin kuat itu butuh pendanaan makin besar,” kata Arya, Kamis (16/5/2024).

Arya mencontohkan, keinginan dana yang besar dapat dilihat ketika Timnas Tanah Air U-23 berhasil menembus semifinal Piala Asia U-23 2024. Dia menjelaskan, permintaan akomodasi saat Garuda Muda menembus semifinal meningkat.

Terlebih, kata Arya, Timnas Indonesia U-23 harus terbang ke Paris ketika menjalani pertandingan playoff Olimpiade Paris 2024. Menurutnya, status itu berubah menjadi contoh betapa besarnya permintaan dana bagi Timnas Nusantara U-23.

Lebih lanjut, Arya menyatakan target Timnas Tanah Air yang dimaksud membesar pada Kualifikasi Piala Bumi 2026 zona Asia juga akan berdampak untuk pendanaan. Arya mengakui, salah satu sumber pendanaan bagi Timnas Tanah Air adalah pemasukan dari tiket.

“Nah, kemudian nanti ke Piala Global (kualifikasi) kan kita semua berharap masuk putaran ketiga. Di putaran ketiga itu kita sudah ada ada satu puluh kali pertandingan yang tersebut akan kita laksanakan, tentu butuh pendanaan. Dan Ketika away (tandang), naik pesawat lagi dan juga sebagainya,” tutur Arya.

“Memang, timnas makin kuat, pendanaan makin kuat. Maka, dibutuhkanlah dana yang dimaksud banyak, jadi gaada kita cari untung. Hal ini semua untuk membiayai timnas. Salah satunya ya. Ada memang benar hak siar, tapi itupun gak cukup. Maka, salah satunya adalah dari tiket juga. Walaupun dari tiket bisa saja dibilang dibandingkan dengan yang digunakan lain masih kecil juga. Nah, konsekuensi kita, timnas kita makin kuat maka butuh dana semakin besar,” tambah Arya.

Arya mengajukan permohonan maaf untuk para penggemar Timnas Indonesi melawan harga jual tiket yang dimaksud dinilai mahal itu. Dia mengakui, kenaikan tarif tiket ini demi kebaikan Timnas Tanah Air juga.

“Jadi minta maaf banget terpaksa kita lakukan cuma untuk supaya timnas kita bisa jadi berlaga tanpa memikirkan uang. Tapi merekan tahu hanya sekali bertanding. Sekali lagi saya minta maaf,” pungkasnya.

Artikel ini disadur dari Harga Tiket Mahal, Arya Sinulingga: Kalau Timnasnya Makin Kuat Butuh Pendanaan Besar!