Bisnis  

Bankir Top Rusia: SWIFT Harus ‘Dibunuh’, Bank Digital Akan Perkuat Kedaulatan

MOSKOW – Kepala bank terbesar kedua ke Rusia kembali menyerukan untuk melangkah menjauh dari jaringan keuangan SWIFT , ketika melakukan operasi keuangan. ketua eksekutif VTB Andrey Kostin menerangkan, sangat penting bagi Rusia serta mitra dagangnya untuk tak lagi memakai sistem pembayaran Barat.

Berbicara pada hari Kamis ke konferensi Angka Fusion 2024, Andrey Kostin menyerukan penyelesaian keuangan secara digital pada Rusia juga negara-negara sekutu. Langkah seperti itu menurutnya akan mengakhiri dominasi dolar serta mendapatkan kedaulatan penuh di dalam sektor keuangan, klaimnya.

“SWIFT telah dilakukan mengumumkan rencana untuk melakukan pembayaran digital secepatnya, tetapi kami wajib membunuh SWIFT di penyelesaian transaksi. Kami harus benar-benar menjauh darinya serta melibatkan mitra kami di hal ini juga,” ucap eksekutif perbankan itu bersikeras.

Ia juga menyoroti pekerjaan besar yang tersebut sedang direalisasikan oleh Bank Rusia untuk mencapai tujuan. Menurut Kostin, VTB ketika ini sedang mengerjakan proyek percontohan untuk menyebabkan rubel digital ke khalayak umum, diantaranya di pembayaran lintas batas.

Eksekutif senior mengatakan, ia menghargai upaya Bank Sentral Rusia selama satu dekade terakhir untuk menciptakan sistem penghapusan impor yang dimaksud efektif pada sektor keuangan.

“Pada ketika sejumlah rekan kami ke sektor manufaktur senang menggunakan mesin Prancis di pesawat domestik atau gearbox Jerman ke mobil, Bank Rusia dengan tegas mengambil sikap untuk menciptakan sistem independen,” katanya.

Hal itu merujuk pada Mir card, Sistem Pembayaran Lebih Kilat (SBP) lalu infrastruktur bursa saham negara itu.

Awal bulan ini, Kostin mengakui bahwa sanksi Negeri Paman Sam terbaru telah terjadi memaksa bank-bank di beberapa negara ‘sahabat’ – Armenia, Kyrgyzstan lalu Kazakhstan – untuk menghentikan operasi dengan Rusia serta berhenti menerima kartu pembayaran Mir Rusia.

Artikel ini disadur dari Bankir Top Rusia: SWIFT Harus ‘Dibunuh’, Perbankan Digital Akan Perkuat Kedaulatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *